5 Jajanan Belitung Yang Habis Di Buru Oleh Wisatawan -->

5 Jajanan Belitung Yang Habis Di Buru Oleh Wisatawan

Wednesday 25 July 2018, July 25, 2018
Jajanan atau kue asli belitung yang wajib anda kunjungi dan anda nikmati di belitung memang sangat beragam dan bermacam-macam.

Saya akan membagikan jajanan yang paling banyak di buru di belitung dan di jadikan oleh-oleh untuk di bawa ke kampung halaman.

Berikut merupakan referensi jajanan khas belitung apabila berlibur ke sini :


1.Gangan
Masakan tradisional khas belitung ini banyak wisatawan cari di belitung hampir di semua restoran menyajikan masakan ini dengan ciri khas kuah kuning dengan rasa pedas, asam, manis, bercampur dengan segarnya nanas.

Masakan khas ini hanya ada di belitung kuah kuningnya terdapat dari kunyit, yang banyak masyarakat percaya dapat mengobati luka dalam.


2.Kerupuk
Kerupuk sangat banyak dan beragam di belitung dan berikut kerupuk yang paling banyak di beli adalah peletek udang, peletek cumi, dan ada juga Terasi dan Sirup khas belitung yaitu Jeruk kunci sirup dengan rasa segar manis pastinya membuat lega tenggorokan dan dahaga.


3.Kue Rintak
Jajanan kue kering ini sangat banyak di gemari karena selain gurih dan manis kue ini sangat lumer di mulut ketika di gigit.

Kue ini sudah dari zaman belitung masih menggunakan rumah kayu bukan beton seperti sekarang ini.

Kue rintak di buat dengan adonan tepung dan gula saja, dan di panggang dengan menggunakan open lama yaitu menggunakan arang.


4.Sirup Jeruk Kunci Khas Belitung
Ini top juara pada saat orang berkunjung ke belitung pasti ada saja yang menanyakan sirup ini, mengapa begitu banyak yang ingin membawa pulamg sirup ini.

Itu di karenakan hampir di semua restoran dan tempat makan menyajikan minuman khas signature sini.

Rasanya yang asam manis membuat minuman ini tak cukup hanya sekali apalagi paling Favorit saat panas-panas minum di tepi pantai.


5.Jungkong
Makanan kue basah ini sudah sejak lama menjadi jajanan yang sering di makan pada pagi oleh orang belitung sebagai sarapan.

Kue ini terbuat dari tepung gandum dan di campur Dengan gula merah dan di taruh pada wadah kaleng yang di potong.

Jukong sekarang banyak di jual pada jajanan pasar tradiaional. 

TerPopuler